Selasa, 14 Februari 2012

dapur kita...

Sahabat Dapur Arsitek, pernah dengar ungkapan bahwa dapur adalah jantung sebuah rumah?
Ya, dapur memang tepat dikatakan sebagai "heart of the home" atau jantung sebuah rumah. Sebagaimana jantung pada makhluk hidup yang senantiasa memompakan darah sebagai nutrisi bagi semua sel hidup di dalam tubuh kita, begitu pula fungsi dapur yang menjadi tempat mengolah dan menyimpan makanan untuk memberi nutrisi pada tubuh kita.

Dalam ilmu feng shui pun penempatan dapur dalam sebuah rumah mendapat perhatian penting. Dapur bisa dikatakan sebagai tempat penghasil energi positif, karena dapur merupakan tempat pengolahan sumber energi baik yang berasal dari makanan yang tentunya sangat diperlukan bagi tubuh. Apabila makanan yang dimasak baik, sehat dan bergizi maka tubuh pun akan menjadi sehat dan kuat yang pada akhirnya memampukan tubuh kita untuk bekerja dengan lebih baik dan akhirnya akan meningkat pula pendapatan dan penghasilan keluarga. Karena itu, peletakan dapur, kompor dan bak cuci dalam ilmu feng shui diatur sedemikian rupa agar tidak mengurangi hoki si pemilik rumah.

Sama halnya dengan jantung dalam tubuh kita, apabila darah yang dipompakan ke seluruh tubuh kita membawa nutrisi yang buruk, maka seluruh tubuh akan merasakannya. Begitu pula pada dapur, apabila dapur kita kotor, tidak terawat  dan berantakan, akan memberi efek negatif pada seluruh rumah. Dapur akan menjadi sarang penyakit, menjadi tempat bersembunyi tikus yang memakan bahan makanan yang disimpan. Sampah sisa bahan makanan yang tidak segera dibuang dapat menjadi tempat lalat bertelur dan sebagainya. Kalau sudah demikian, tak heran apabila penghuni rumah kemudian akan mudah terjangkit penyakit.

Demikian pentingnya memiliki dapur rapi, bersih, sehat dan terawat sehingga mampu menjalankan fungsi utamanya sebagai "jantung" bagi rumah.

*dari berbagai sumber

1 komentar: